Kamis, 22 Agustus 2013

Proyektor Sederhana ( Sketsa gambar)

Cara Membuat Proyektor Sederhana Murah Meriah,  untuk menggambar sketsa dan peta

Proyektor Sketsah
Proyektor yaitu sebuah cahaya penghatar  untuk menampilkan gambar di sebuah layar proyeksi atau permukaan serupa.
proyektor merupakan salah satu dari aplikasi penerapan rumus fisika. dalam pelajaran fisika proyektor ini termasuk dalam materi lensa, dimana ada bayangan maya, diperbesar, balik, dll. untuk menghafal rumus fisika yang sulit memang banyak caranya. yang agak susah adalah belajar menghafal ips bagi saya. oke langsung saja cara membuat proyektor murah meriah, dan sederhana. 
Proyektor ini merupakan teknologi tepat guna berdasarkan teori fisika lensa. Namun tidak perlu pengetahuan khusus untuk dapat membuatnya.
Bagi mereka yang yang ada hubungan dengan gambar / peta, teknologi ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan.  Untuk membuat gambar sketsa maupun gambar peta.
.

Kerangka Proyektor

Bahan dan Peralatan yang dibutuhkan:
1 Lensa pembesar  2 buah ukuran 90 mm
2. Tripleks/multipleks, kardus atau Styrofoam untuk pembuatan kotaknya.
3. Bahan sambungan PVC ukuran 3 dm
4. Penggaris, solasi
5. Cutter atau Gergaji.
6. Lem castol / pvc dan paku
7. Lampu berbentuk lingkaran
8. Kaca berhias ukuran 12 cm x 12 cm
9. Pensil

Langkah pembuatan:
1. Buat  tabung   ukuran  diameter 10.5 cm dan 10 cm serta sok paralon 3 dm(9.5 cm). Pasang dan lem kaca pembesar pada ujung tabung ukuran diameter 10.5 dan 9.5 cm.

2. Buatlah kotak proyektor dengan memotong triplek dengan ukuran : (22 cm x 22 cm x 17 cm). Dibagian depan dipotong lingkaran tengah dengan ukuran diameter 10.5 cm. seperti gambar ini .
3. Dibagian tengah kotak diberi penyekat untuk menempatan lampu / pencahayaan. Bentuknya sebagai berikut 
4. Setelah kotak proyektor selesai pasang tabung (lensa pembesar) di kotak proyektor bagian depan .  Usahakan tabung proyektor dapat disetel maju mundur seperti lensa kamera foto. Karena itu untuk menyetel focus dana tidaknya.

5. Dibagian tengah kotak proyektor di belakang tabung dipasang kaca hias dengan sudut kemeringan 45 derajat.
6. Kemudian pasang potongan triplek di nomer 3 tadi ke kotak proyektor dan tupangkan lampu diatasnya. Dibagian atas kotak proyetor di beri engsel untuk menutup dan membuka proyektor.dan tempat gambar yang akan dibuat contoh diperbesar..

Hasil proyrktor untuk pencahayaannya itu tergantung seberapa besar watt lampunya. Makin besar wattnya makin lebih jelas.
.Kami tidak perlu promosi berlebihan. Namun bila anda membuat proyektor ini sesuai petunjuk manual, mudah2an anda akan puas. Silahkan buktikan sendiri!

2 komentar:

Sri Kuncoro SP mengatakan...

Artikel yang bagus...
Ijin untuk mengcopynya...

agus sukohadi mengatakan...

silakan saja mas, met berkarya